BAB XI
PENUTUP
A. Pentingnya PTK
Penelitian
tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran, ciri khas PTK adalah dimulai dari adanya permesalahan dalam
pembelajaran dan dilakukan untuk menemukan solusi dari permasalahan dalam
pembelajaran tersebut. Siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi refleksi. Refleksi merupakan pemaknaan dari hasil penelitian tindakan
kelas.
B. Penyebab Kurang Kuatnya
Dampak PTK pada Pendidikan
Penelitian
didominasi oleh peneliti di perguruan tinggi, penyebar luasan hasil penelitian
yang lambat dan kurangnya kerjasama antara guru dan dosen.
C. Pelaksanaan PTK saat
ini
PTK seharusnya
dilakukan secara kolaboratif antara guru bersama dengan dosen, guru menemukan
masalah dalam kegiatan pembelajaran kemudian bersama dosen merumuskan dan
melakukan penelitian, sehingga ide dasar penelitian berawal dari guru, bukan
dari dosen. Namun sekarang setiap guru bersemangat mengerjakan PTK untuk
mendapatkan sertifikasi, bukan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran di
kelasnya. Padahal ketrampilan menulis, sangat penting bagi seorang guru
profesional, terlebih ketrampilan menulis PTK. Guru profesional dituntut untuk
dapat berinovasi dan mengekspresikan gagasannnya melalui berbagai media.
D. Harapan penulis
1. media massa
dapat memberikan ruang khusus untuk mewadahi gagasan tertulis guru
2. rekan sesama
guru dapat terus berkarya melalui tulisan,utamanya PTK
3. pejabat
terkait dapat memberikan bimbingan dan motivasi kepada guru untuk dapat terus
berkarya lewat tulisan, utamanya PTK.
Referensi: Kusumah, Wijayanti, Dwitagama Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Indeks.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar