BAB VII
PEMBUATAN PROPOSAL PTK
Penelitian tidak kelas memiliki peranan
yang sangat penting untuk meningkatkan sebab dengan PTK guru dapat
mengembangkan kemampuan mendeteksi dan memecahkan masalah pendidikan dan
pembelajaran. Dengan kegiatan tersebut diperhitungkan sebagai pemecah maslah
atau memperbaiki situasi dan secara
cermat mengamati pelaksanaannya untuk mengukur tingkat keberhasilan sesui
dengan kaidah-kaidah tidanakan penelitian.
Aturan-aturan penilaian proposal PTK
meliputi Permasalahan, cara menyelesaikan masalah, kemampuan hasil, prosedur
penelitian, program kegiatan dan dukungan teknis, kerjasama antara LPTK dan
sekolah serta pembiayaan penelitian. \
Bentuk Format PTK
A. Judul
Penelitian
Dalam pembuatan judul ada beberapa
hal yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut
1.
Komunikasi,
mudah di pahami maksudnya oleh pembaca
2.
Memuat variable
penelitian
3.
Menjawab apa
yang ingin ditingkatkan
4.
Dengan upaya
apa/upaya apa untuk meningkatkannya.
5.
Sasaran dan
lokasi tercermin dalam judul
6.
Banyak kata
sekitar 15-20 kata.
Judulu penelitian sebaiknya singkat dan
spesifik, tetapi cukup jelas mewakili gamabaran yang akan di teliti dan tidakan
yang di pilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang di
hadapi. Adapun alasan memilih judul antara lain sebagai berikut:
·
Menarik minat
·
Layak di teliti
·
Bermanfaat bagi
masyarakat.
B. Bidang
Ilmu
Menuliskan bidang ilmu dari ketua
peneliti dan kajian masalah yang di teliti. Bisang peneliti yang diteliti harus
relevan dengan disiplin ilmu guru, misalnya guru matematika tidak membahas
pembelajaran yang ada di pelajaran biologi
C. Pemdahuluan
Penelitian di lakukan untuk
memcahkan permaslahan pendidikan dan pembelajaran.
1.
Latar Belakang
masalah secara jelas dan sistematis yang meliputi:
a. Uraian
tentang kedudukan mata pelajaran dalam kurikulum
b. Gambaran
umum isi mata pelajaran tersebut termasuk pembagian waktunya
c. Metode
pembelajaran yang digunakan saat ini
2.
Masalah yang di
hadapi guru di tinjau dari hasil belajar yang di capai siswa selama proses
pembelajaran. Kriteri maslaah yang dapat di buat PTK adalah:
a. Masalah
di sekolah atau dikelas
b. Layak
di teliti dan terjangkau
c. Perlu
ada:identifikasi masalah, analisi masalah
d. Rumusan
masalah: singkat, jelas, operasional
e. Bukan
permasalahan individu siswa, tetapi masalah kelas
D. Peerumusan
masalah
Rumusan masalah penelitian dalam
bentuk rumus penelitian tindakan kelas.dalam perumusan masalah dapat di jelas
definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Pada perumusan
masalah perlu di perhatikan:
a.
Substansi
Perlu
mempertimbangakan bobot dan manfaat tindakan yang di pilih untuk meningkatkan
dan memperbaikai pembelajaran
b.
Orisinalitas
Perlu
mempertimbangkan apakah sudah ada orang yang perna melakukan tindakan guru
sebelumnya
c.
Formulasi
masalah
Dirumuskan
dalam kalimat Tanya. Tidak bermakna ganda, langsung menyatakan secara eksplisit
dan spesifik apa yang di permasalahkannya.
d.
Teknis
Mempertimbangkan
kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian seperti kemampuan metodologi
penelitian.
E. Cara
Pemecahan Masalah
Uraikan pendekatan dan konsep yang
di gunakan untuk menjawab masalah yang di teliti sesui dengan kaidah penelitian
tindak kelas
F. Tinjaun
Pustaka
Uraikan dengan jelas kajian teori
dan pustaka yang menghasilkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan di
lakukan. Kemukakan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang di pahami
sebagai acuan, yang di jadikan alasan untuk menunjukan ketepatan tentang
tindakan yang akan di lakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut.
G. Tujuan
penelitian
Kemukakan secara singkat tujuan
penelitian yang ingin di capai berdasarkan permasalah yang di kemukakan
H. Konstribusi
hasil penelitian
Uraikan kontribusi hasil penelitian
terhadap kwalitas pendidikan dan pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi
siswa dan guru maupun komponen pendidikan lainnya.
I. Metode
Penelitian
Uraikan secara jelas prosedur
penelitian yang akan di lakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi
penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya di rinci dari perencanaan tindakan
dan obsevasi atau evaluasi refleksi yang bersifat daur ulang atau siklis.
J. Jadwal
penelitian
Buatlah jadwal kegiatan penelitian
yang meliputi kegiatan persiapan pelaksanaan, dan penyusun laporan hasil
penelitian dalam bentuk bar chart.
K. Personalia
penelitian
Jumlah personalia penelitian
maksimal 3 orang. Uraikan peran dan waktu yang di gunakan dalam setiap bentuk
kegiatan penelitan yang di lakukan.
L. Lampiran-Lampiran
1.
Daftar pustaka
yang di tuliskan secara konsisten menurut model APA dan MLA atau turabian
2.
Riwayat hidup
ketua peneliti dan anggota peneliti
3.
Cantumkan
pengalaman penelitian yang relevan telah di hasilkan sampai saat ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar