Jumat, 19 September 2014

Pembuatan Proposal PTK


BAB VII
PEMBUATAN PROPOSAL PTK

Penelitian tidak kelas memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sebab dengan PTK guru dapat mengembangkan kemampuan mendeteksi dan memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran. Dengan kegiatan tersebut diperhitungkan sebagai pemecah maslah atau memperbaiki situasi dan  secara cermat mengamati pelaksanaannya untuk mengukur tingkat keberhasilan sesui dengan kaidah-kaidah tidanakan penelitian.
Aturan-aturan penilaian proposal PTK meliputi Permasalahan, cara menyelesaikan masalah, kemampuan hasil, prosedur penelitian, program kegiatan dan dukungan teknis, kerjasama antara LPTK dan sekolah serta pembiayaan penelitian. \
Bentuk Format PTK
A.    Judul Penelitian
Dalam pembuatan judul ada beberapa hal yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut
1.      Komunikasi, mudah di pahami maksudnya oleh pembaca
2.      Memuat variable penelitian
3.      Menjawab apa yang ingin ditingkatkan
4.      Dengan upaya apa/upaya apa untuk meningkatkannya.
5.      Sasaran dan lokasi tercermin dalam judul
6.      Banyak kata sekitar 15-20 kata.

Judulu penelitian sebaiknya singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas mewakili gamabaran yang akan di teliti dan tidakan yang di pilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang di hadapi. Adapun alasan memilih judul antara lain sebagai berikut:
·         Menarik minat
·         Layak di teliti
·         Bermanfaat bagi masyarakat.
B.     Bidang Ilmu
Menuliskan bidang ilmu dari ketua peneliti dan kajian masalah yang di teliti. Bisang peneliti yang diteliti harus relevan dengan disiplin ilmu guru, misalnya guru matematika tidak membahas pembelajaran yang ada di pelajaran biologi
C.     Pemdahuluan
Penelitian di lakukan untuk memcahkan permaslahan pendidikan dan pembelajaran.
1.      Latar Belakang masalah secara jelas dan sistematis yang meliputi:
a.       Uraian tentang kedudukan mata pelajaran dalam kurikulum
b.      Gambaran umum isi mata pelajaran tersebut termasuk pembagian waktunya
c.       Metode pembelajaran yang digunakan saat ini
2.      Masalah yang di hadapi guru di tinjau dari hasil belajar yang di capai siswa selama proses pembelajaran. Kriteri maslaah yang dapat di buat PTK adalah:
a.       Masalah di sekolah atau dikelas
b.      Layak di teliti dan terjangkau
c.       Perlu ada:identifikasi masalah, analisi masalah
d.      Rumusan masalah: singkat, jelas, operasional
e.       Bukan permasalahan individu siswa, tetapi masalah kelas
D.    Peerumusan masalah
Rumusan masalah penelitian dalam bentuk rumus penelitian tindakan kelas.dalam perumusan masalah dapat di jelas definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Pada perumusan masalah perlu di perhatikan:
a.       Substansi
Perlu mempertimbangakan bobot dan manfaat tindakan yang di pilih untuk meningkatkan dan memperbaikai pembelajaran
b.      Orisinalitas
Perlu mempertimbangkan apakah sudah ada orang yang perna melakukan tindakan guru sebelumnya
c.       Formulasi masalah
Dirumuskan dalam kalimat Tanya. Tidak bermakna ganda, langsung menyatakan secara eksplisit dan spesifik apa yang di permasalahkannya.
d.      Teknis
Mempertimbangkan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian seperti kemampuan metodologi penelitian.
E.     Cara Pemecahan Masalah
Uraikan pendekatan dan konsep yang di gunakan untuk menjawab masalah yang di teliti sesui dengan kaidah penelitian tindak kelas
F.      Tinjaun Pustaka
Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menghasilkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan di lakukan. Kemukakan teori, temuan dan bahan penelitian lain yang di pahami sebagai acuan, yang di jadikan alasan untuk menunjukan ketepatan tentang tindakan yang akan di lakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut.
G.    Tujuan penelitian
Kemukakan secara singkat tujuan penelitian yang ingin di capai berdasarkan permasalah yang di kemukakan
H.    Konstribusi hasil penelitian
Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kwalitas pendidikan dan pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa dan guru maupun komponen pendidikan lainnya.
I.       Metode Penelitian
Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan di lakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya di rinci dari perencanaan tindakan dan obsevasi atau evaluasi refleksi yang bersifat daur ulang atau siklis.
J.       Jadwal penelitian
Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan pelaksanaan, dan penyusun laporan hasil penelitian dalam bentuk bar chart.
K.    Personalia penelitian
Jumlah personalia penelitian maksimal 3 orang. Uraikan peran dan waktu yang di gunakan dalam setiap bentuk kegiatan penelitan yang di lakukan.
L.     Lampiran-Lampiran
1.      Daftar pustaka yang di tuliskan secara konsisten menurut model APA dan MLA atau turabian
2.      Riwayat hidup ketua peneliti dan anggota peneliti
3.      Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah di hasilkan sampai saat ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar