BAB IX
VALIDITAS PENELITIAN
Validitas
adalah derajat yang menunjukkan sejauh mana hasil tersebut berguna (relevan)
sebagai petunjuk untuk guru tertentu, serta kekuatannya untuk memberi informasi
dan argumen tentang meningkatkan praktik pendidikan di masyarakat profesional
yang lebih luas.
Ada
tiga langkah untuk menentukan validitas hasil yang diperoleh di dalam
penelitian tindakan, yaitu (1) validasi diri sendiri (self-validation), (2) validasi oleh teman (peer validation) dan (3) validasi oleh siswa (learner validation).
Langkah Validasi
1. Validasi diri sendiri
a.
Praktik
sebagai realisasi nilai-nilai (values)
b.
Refleksi
kritis yang disengaja
c.
Kebutuhan
akan penelitian yang ilmiah
d.
Interpretasi
pribadi sebagai dasar dialog
2. Validasi oleh teman
a.
Prosedur
menghadapi kelompok validasi
Prosedur
menghadapi kelompok validasi adalah sebagai berikut
1)
Sebelum
pertemuan, berikan laporan tentang apa yang telah dilaksanakan di dalam
penelitian.
2)
Ajukan
kepada kelompok validasi pertanyaan-pertanyaan
a)
Apakah
laporan ini merupakan deskripsi yang valid mengenai proses pendidikan?
b)
Apakah
bukti-bukti yang terlihat mendukung apa yang telah dilakukan oleh peniliti?
c)
Adakah
terlihat indikasi saat-saat kritis yang menunjukkan adanya nilai-nilai
pendidikan?
3)
Kelompok
validasi mengkaji bukti-bukti yang ada, menyesuaikannya dengan transkip,
rekaman (kalau ada) dan membicarakannya dengan peniliti.
b.
Kriteria
pernyataan validitas komunikasi sosial
1)
Pernyataan
benar
2)
Pembicaraan
dapat dimengerti seluruhnya
3)
Pembicara
otentik
4)
Situasi
memadai untuk hal-hal yang akan dikatakan
c.
Kesepakatan
peneliti dan kelompok validasi
3. Validasi oleh siswa
a.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan
1)
Teori-teori
dalam pendidikan
2)
Aplikasi
teori-teori
3)
Tidak
menolak teori-teori yang ada
4)
Memerlukan
partisipasi orang lain
5)
Memerlukan
keterbukaan terhadap pengalaman-pengalaman dan proses-proses baru
b.
Contoh
pertanyaan sebagai ide awal PTK
1)
Apakah
yang menarik bagi Anda?
2)
Mengapa
Anda tertarik?
3)
Apakah
yang dapat Anda lakukan?
c.
Lingkaran
tindakan-refleksi
d.
Tips
melaksanakan PTK
1)
Ada
keinginan
2)
Lakukan
perencanaan
3)
Sertakan
orang lain sebagai partisipan
4)
Berikan
informasi mengenai pendidikan
5)
Saling
sharing mengenai laporan anda
6)
Penyusunan
laporan yang baik
e.
Hal-hal
yang perlu diwaspadai
1)
Pemikiran
yang berubah-ubah
2)
Dapat
terjadi kesalahan-kesalahan dari beberapa aspek
3)
Dapat
terjadi gangguan-gangguan dari pihak sistem
4)
Selalu
ditemukan kesulitan dalam memulai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar