Jumat, 19 September 2014

Validitas Data Penelitian Tindakan Kelas


BAB IX
VALIDITAS PENELITIAN

Validitas adalah derajat yang menunjukkan sejauh mana hasil tersebut berguna (relevan) sebagai petunjuk untuk guru tertentu, serta kekuatannya untuk memberi informasi dan argumen tentang meningkatkan praktik pendidikan di masyarakat profesional yang lebih luas.
Ada tiga langkah untuk menentukan validitas hasil yang diperoleh di dalam penelitian tindakan, yaitu (1) validasi diri sendiri (self-validation), (2) validasi oleh teman (peer validation) dan (3) validasi oleh siswa (learner validation).
Langkah Validasi
1.      Validasi diri sendiri
a.       Praktik sebagai realisasi nilai-nilai (values)
b.      Refleksi kritis yang disengaja
c.       Kebutuhan akan penelitian yang ilmiah
d.      Interpretasi pribadi sebagai dasar dialog
2.      Validasi oleh teman
a.       Prosedur menghadapi kelompok validasi
Prosedur menghadapi kelompok validasi adalah sebagai berikut
1)      Sebelum pertemuan, berikan laporan tentang apa yang telah dilaksanakan di dalam penelitian.
2)      Ajukan kepada kelompok validasi pertanyaan-pertanyaan
a)      Apakah laporan ini merupakan deskripsi yang valid mengenai proses pendidikan?
b)      Apakah bukti-bukti yang terlihat mendukung apa yang telah dilakukan oleh peniliti?
c)      Adakah terlihat indikasi saat-saat kritis yang menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan?
3)      Kelompok validasi mengkaji bukti-bukti yang ada, menyesuaikannya dengan transkip, rekaman (kalau ada) dan membicarakannya dengan peniliti.
b.      Kriteria pernyataan validitas komunikasi sosial
1)      Pernyataan benar
2)      Pembicaraan dapat dimengerti seluruhnya
3)      Pembicara otentik
4)      Situasi memadai untuk hal-hal yang akan dikatakan
c.       Kesepakatan peneliti dan kelompok validasi
3.      Validasi oleh siswa
a.       Hal-hal yang perlu diperhatikan
1)      Teori-teori dalam pendidikan
2)      Aplikasi teori-teori
3)      Tidak menolak teori-teori yang ada
4)      Memerlukan partisipasi orang lain
5)      Memerlukan keterbukaan terhadap pengalaman-pengalaman dan proses-proses baru
b.      Contoh pertanyaan sebagai ide awal PTK
1)      Apakah yang menarik bagi Anda?
2)      Mengapa Anda tertarik?
3)      Apakah yang dapat Anda lakukan?
c.       Lingkaran tindakan-refleksi
d.      Tips melaksanakan PTK
1)      Ada keinginan
2)      Lakukan perencanaan
3)      Sertakan orang lain sebagai partisipan
4)      Berikan informasi mengenai pendidikan
5)      Saling sharing mengenai laporan anda
6)      Penyusunan laporan yang baik
e.       Hal-hal yang perlu diwaspadai
1)      Pemikiran yang berubah-ubah
2)      Dapat terjadi kesalahan-kesalahan dari beberapa aspek
3)      Dapat terjadi gangguan-gangguan dari pihak sistem
4)      Selalu ditemukan kesulitan dalam memulai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar